Jumat, 31 Agustus 2012

[BEDAH BUKU] : "SHINJU" ; SANO ICHIRO,THE SAMURAI INVESTIGATOR..

Assalamu'alaikum wr wb,,, OHAYOOOO,,, karena udah lama gag Bedah Buku jadinya Hari ini saya fokuskan untuk memBEDAH BUKU yang berjudul SHINZU; SANO ICHIRO THE SAMURAI INVESTIGATOR... Hmm kira-kira apa yang membuat buku ini menarik?? kalau menurut saya, karena saya menyukai hal-hal yang berbau Misteri,, menganalisis dan menebak-nebak layaknya seorang Detektive seperti Shinichi Kudo, hehehe,,, jadi saya rasa buku ini menarik untuk di Bedah... setiap Alur yang gambarkan oleh Penulis begitu Jelas Apalagi kejadian yang terjadi dalam Buku ini adalah  Jepang di tahun EDO.. yah tanpa berlama-lama lagi langsung aja kita Bedah Buku ini... Check This Out!! :
----------------------------------------------------------------------------------------
JUDUL : SHINJU, Sano Ichiro The Samurai Investigator
PENULIS : Laura Joh Rowland
PENERBIT : Harper Torch, New York, Tahun 1994.
PENERJEMAH : Reni Indardini
PENERBIT : HIKMAH (PT MIzan Publica)
CETAKAN PERTAMA :  Januari 2010
TEBAL HAL + CV : 535 Halaman  

 

----------------------------------------------------------------------------------------
SHINJU, Sano Ichiro The Samurai Investigator adalah sebuah Buku terjemahan, penulis nya bernama Laura JOh Rowland, beliau seorang imigran cina dan korea.  dia adalah seorang penuls dimana semua Tulisannya menampilkan Detektif Sano Ichiro.. 

EDO, PERIODE GENROKU, Tahun 1 Bulan 12 ( Tokyo, Januari 1689)...
Distrik EDO, Jepang abad ke - 17...

SINOPSIS : Ketika Yukiko si gadis cantik nan kaya, ditemukan tenggelam di sungai Sumida bersama Noriyoshi si seniman Miskin, semua orang yakin bahwa itu adalah SHINJU atau Ritual Bunuh Diri berdua karena Cinta Terlarang. Tak ada yang ragu kecuali Sano Ichiro seorang Penyelidik Baru.
Tak acuh dengan peristah resmi dan peringatan dari Atasannya, Sano mencurigai kematian keduanya bukan sekedar Tragedi. Mereka pasti telah di bunuh. dengan Mempertaruhkan Nama baik Keluarga dan nyawanya sendiri, Sano berusaha menemukan sang pembunuh. Dia bertekad mencari jawaban dari misteri itu.... .
----------------------------------------------------------------------------------------

Sebuah Buku yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat jepang pada abad ke 17 di zaman EDO.  Mengupas kasus pembunuhan antara seorang Gadis yang Kaya dan seorang pria (seniman) yang miskin. dimana Masyarakat sekitar masih mempercayai hal-hal mistis dan langsung mengaitkan hal ini ke hal mistis. Masyarakat mengira bahwa kasus ini bukanlah sebuah Kasus Pembunuhan tapi merupakan SHINJU yaitu sebuah RITUAL BUNUH DIRI di karenakan Cinta Terlarang. Maksud dari Cinta Terlarang disini Bukanlah mereka melakukan "MAKSIAT", tetapi maksud dari Cinta Terlarang adalah Adanya Perbedaan STATUS SOSIAL, dimana YUKIKO adalah seorang Gadis KAYA merupakan KETURUNAN KERAJAAN dan memiliki Nama Keluarga atau KLAN yang sangat TINGGI pada masa itu.. YUKIKO berasal dari KLAN NIU, yaitu KLAN yang sangat Di hormati, sementara NORIYOSHI hanyalah seorang SENIMAN MISKIN yang disebut-sebut dia memiliki kelainan SEKS yaitu PENYUKA SESAMA JENIS, dia adalah seorang PEMERAS dan juga seorang PENYELIDIK RAHASIA bagi KLAN TOKUGAWA yatu KLAN yang DERAJATNYA LEBIH TINGGI.. Pada Zaman itu tinggi rendahnya KASTA sangatlah Di perhitungkan,.!!! 

NIU YUKIKO, seorang gadis dari Klan NIU klan yang sangat berkelas/ Bangsawan, ayahnya adalah seorang DAIMYO ( Penguasa), dia memiliki satu saudara perempuan kandung bernama NIU MIDORI dan satu orang saudara laki-laki tiri bernama NIU MASAHITO,  dan Ibu Tirinya adalah seorang Nyonya Besar yang memiliki mimik serius, elegan dan tatapannya dingin layaknya seorang RATU dari KLAN terkenal..

Buku ini mengupas secara detail bagaimana seorang DETEKTIF bernama Sano Ichiro membongkar Kasus pembunuhan ini secara DETAIL,, yang mana hanya DIA lah yang percaya bahwa KASUS itu bukanlah SHINJU melainkan Kasus Pembunuhan, Teman-Teman nya sesama YORIKI (DETEKTIF) tidak ada yang percaya terhadap kesimpulan nya, semua temannya LEPAS TANGAN dengan KASUS tersebut, serasa mereka semua di BUNGKAM oleh KEADAAN yang mengatakan," Jangan Mencari Masalah terhadap keluarga kerajaan"... Sano merasa ada Kejanggalan dalam KASUS tersebut, dan Sano tetap Keukeh untuk terus mencari tahu sebab dan membuktikan bahwa kasus itu bukanlah Shinju melainkan pembunuhan yang sudah di rencanakan.. namun dia hanya seorang diri tidak ada yang mendukungnya baik dari kalangan sesama YORIKI maupun atasannya sendiri SANG HAKIM OGYU sendiri tidak ingin terlalu jauh menyelidiki kasus tersebut, SANG HAKIM OGYU percaya bahwa KASUS itu adalah SHINJU bukanlah pembunuhan, Sano merasa kecewa karena tidak ada seorang pun yang mau membantunya ataupun mendukungkan dalam melakukan penyelidikan lebih dalam, malahan SANG HAKIM OGYU mengancamkamnya jika melakukan penyelidikan tersebut dia akan di pecat atau di turunkan jabatannya. sano merasa itu tidak adil dan dia tidak hanya menyelidiki penyebab terjadinya pembunuhan tersebut dia juga menyelidiki siapa - siapa saja yang terlibat dalam KASUS tersebut,, begitu banyaknya orang yang terlibat, dan yang membuat Sano semakin tercengang Ternyata Keluarga Kerajaan ikut serta dalam hal ini... semuanya semakin terkuak,, KLAN NIU ada di balik ini semua,,..mulai dari pembunuhan berencana yang dilakukan salah satu anggota keluarga KLAN NIU dan juga KONSPIRASI DUA PULUH SATU untuk membunuh SANG SHOGUN "TOKUGAWA TSUNAYOSHI". .. 

Selain mengupas tuntas kasus pembunuhan diatas penulis juga memaparkan bagaimana kasta rendah di perlakukan pada zaman edo, bagaimana susana penjara edo pada abad ke 17, benar-benar begitu mencekam, bau busuk diman-mana. penulis juga memaparkan bagaimana kehidupan masyarakat EDO dan juga POLITIK pada masa itu. 

Buku yang terdiri dari 30 BAB ini memang terasa BERAT , maksudnya diperlukan pemahaman dan analisis yang cukup kuat, saya saja untuk memahami isi buku ini diperlukan waktu 2 hari untuk menammatkannya, sebab kalau saya kurang mengerti maksudnya saya akan baca ulang lagi ke halaman yang belum saya mengerti ini. selain mengandung intrik politik di masa EDO, penggambaran suasana, penggambaran karakter dan juga Alurnya yang Jelas dapat memudahkan kita dalam memahami isi dari Buku ini.  Di karenakan ini adalah BUKU terjemahan, wajar saja jikalau ada kata-kata yang kurang saya pahami, begitu banyak ISTILAH dalam bahasa Jepang yang kurang saya mengerti. 

Dengan membaca BUKU ini kita akan melihat kengerian yang terjadi di jepang pada masa EDO, bagaimana kehidupan di PENJARA EDO yang begitu kejam, seseorang disiksa seperti binatang, tidak adanya toleransi sedikitpun, Hukuman Pancung yang berlaku serta apabila ada anggota keluarga yang merusak nama baik keluarga akan di ARAK_ARAK ke KHAYALAK RAMAi dan akan di lempari BATU. dan juga kita akan mengetahui bagaimana perbedaan KASTA menyebabkan MASYARAKAT yang disebut "ETA" di asingkan karena pekerjaan mereka yang di anggap KALANGAN ATAS adalah sebuah pekerjaan yang KOTOR, REMEH, dan RENDAH, padahal pekerjaan yang mereka lakukan adalah, memandikan mayat di penjara EDO, memungut samaph dll.  Dan kita juga melihat bagaiman maraknya kemunculan RUMAH-RUMAH BORDIL yang dilegalkan pada masa itu, dan banyaknya "YUJO" ( Wanita Penghibur) yang berKELAS mulai dari KELAS TERTINGGI hingga KELAS RENDAHAN ...

Kita juga akan mengetahui KLAN (MARGA) yang di hormati pada masa itu dan juga di segani, dan juga bagi teman-teman yang sangat menyukai jepang pasti tau bahwa di jepang BUDAYA MALU sangatlah penting.!

Intrik polotik yang begitu kejam juga di paparkan dalam buku ini, dimana yang berkuasalah yang menjadi pemenangnya. kesalahan di tutup-tutupi, Suap menyuap yang berlaku, Pengauasa yang menjepit kaum KECIL karena merasa KLANmereka lebih terhormat dan di segani, Melindungi yang bersalah dan Mem FITNAH yang Benar.. Siapa yang berani menantang akan dikirim langsung ke penjara EDO tempat dimana segala PENDERITAAN dan SIKSA di MULAI.!!
................................................................................................................................................................................

yuppp itu sekilas mengenai BUKU ini,, saya rekomendasikan bagi anda yang menyukai hal-hal yang membuat penasaran, dan juga teka teki, saya sarankan untuk baca buku ini,. Semakin anda baca ke belakang semakin tidak ingin berhenti untuk terus membaca nya karena setiap BAB nya membuat PENASARAN.... heheh lebay yahh??  tapi emang benar,,, kalau tak percaya yahhh COBA!!!.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar