Kamis, 02 Agustus 2012

[FAKTA] : FENOMENA TULISAN “ALAY”


FENOMENA TULISAN “ALAY”

Hmm kenapa aku kasih Judulnya “Fenomena TULISAN ALAY”???,,, karena belakangan ini sering muncul orang-orang ALAY.... tanpa sepengetahuan ku mereka membentuk komunitas ALAY yang kemudian bersarang merasuki kaum apapun, mulai dari anak sd,smp,sma,mahasiswa, hingga anggota DPR, Artis juga banyak yang terserang fenomena ini,, tak hanya mereka aku juga Terkena.. 

Dalam hal ini,, aku tidak melarang untuk Alay,, tidak juga Anti kepada mereka komunitas AlAY,, hanya saja aku melihat dari sisi negatif yang ditimbulkan dari ALAY ini,, aku gag tau jelas, ALAY ini merupakan sebuah penyakit menular atau apalah, karena masih mengambang akan kemunculan nya pun untuk pertama kali tidak di ketahui siapa yang mencetuskan.. 

Okehh aku hanya ingin menuliskan pandangan ku terhadap ALAY,, disini yang di nilai bukan Makhluknya tapi perbuatannya dalam menulis kata-kata yang merusak EYD yang terjadi di kehidupan ku.. (Oh my God ternyata aku di kelilingi oleh Makhluk-makhluk ALAy ini.. hahah)
Saat itu aku sedang membuka FB,, Tiba-tiba ada yang ngajak Chat,, begini isi Chatnya...

Fenomena ALAY 1 

MA (Makhluk Alay) :”hi,,, Leh Nalan Guakkk???,,, (aku yang membaca Chatingan ini, butuh waktu Hampir 25 menit untuk menerjemahkan kata-kata yang merusak EYD ini,,, sebenarnya yang Chat sama ku ini datang dari Planet mana???  Setelah ku baca pelan-pelan ternyata nih Orang ngajak kenalan,, Busyeett ngajak Kenalaan ajahh, pake bahasa zaman megalitikum... sebenarnya malas meladeni orang yang seperti ini,, gag jelas sihh bahasa nya,,, tapii yahhh karena dia sudah berbaik hati ngajak aku CHAT,, yasudah ku ladenilahh seadanya saja),,, Aku,,: Lehhh....  (ku jawab seperti itu,, tapi setelah ku teliti ternyata aku Sama ALAY nya dengan DIA,,,, Ohhh GOD What Happen With me,, begitu cepat pesona ALAY menjangkiti pikiran ku,,, hahaha LEBAY nya DAKU!!!)  

Fenomena ALAY 2

Nah yang di atas salah satu ciri ALAY pertama, beda lagi dengan ini,, kalau yang berikut ini ALAYnya emang udah keterlaluan, selain merusak EYD, merusak mata ku yang membacanya juga,, dan merusak pikiran, mengganggu Konsentrasi, merusak mood dan sebagianya lah,,, aku heran kok bisa ada orang ALAY macam ini,, sebenarnya ALAY nya dia berada di keturunan yang keberapa...
Waktu itu aku sedang menerima SMS, sebenarnya sms ini dari temannya adik sepupu,, isi nya kurang lebih sperti ini... 

MA : “Gee paenn kakakkk???,, GUanGgu Guakk DaKu???,, ( Dahi ku langsung berkerut begitu membaca isi sms ALAY ini,, kerutnya gag ilang2x ampe beberapa jam sanking merusak pikiran dan mengganggu kinerja Otakku yang membacanya,, langsung ku panggil adik sepupu ku untuk menterjemahkan maksud dan tujuan dari sms temannya itu,,  dan Hasilnya sama saja, dia pun gag tau apa maksud dan tujuan dari temannya itu,, alhasil kami berkerja sama untuk menterjemahkan SMS ALAY tersebut.. MENAKJUBKAN!! Hampir 30 menit gag ngerti juga aku maksudnya apa,,, gag lama karena sms nya gag di balas2x dia sms lagi,, 
MA :Koxx gaxx di BalAss SMS DaKU Kakaxx,, SombOng nA!!!.... 

Oh My God,, aku langsung streess pas SMS keduanya muncul lagi,, belum lagi siap menterjemahkan yang satu udah Muncul SMS ALAY yang lebih PARAh lagi isinya,, gag ngerti aku maksudnya apa dan gag ngerti itu bacanya gimana,, aku sempat berpikir apa dia gag pegal nulis tuh sms pake Huruf besar + huruf Kecil,, hufff,, salut dahh buat dia yang punya keahlian tersembunyi seperti itu...SALUTT...
Karena SMS nya belum di balas dan sebelum aku benar-benar di cap sombong jadinya ku balaslah sms ALAY nya itu,,  
AKU :” Maaf dek kakak gag ngerti tulisan dari sms mu itu apa,, maklumlah dek kk bukan orang alay...!!   
 langsung To the point aja aku ngomongnya, dan ku bilang sama adik sepupu ku itu agar memberitahukan kepada temannya yang alay kalau ada perlu SMS nya jangan pake acara tulisan ALAY (Besar Kecilnya teratur, dan jangan kebanyakan huruf X nya, Ntar HUJAN LOKAL!!!) TITIK!!,, langsung!  untuk sementara SMS dari dia gag pernah muncul lagi,,, paling sekali-kali dengan Kata-kata ALAY yang sudah berkurang.. 

Fenomena ALAY 3

 ALAY yang ketiga ini aku temui saat CHATING,, bukan Chat di FB,, ,,ntah apa namanya aku lupa, tapi di situ tempat berkumpulnya orang-orang yang Chat dengan berbagai Nama SANDI. Dan yang jelas aku  kurang begitu kenal dengan mereka,, ini terjadi sewaktu aku masih duduk di semester 2 tahun 2009,, aku masih ingat betul karena ini FENOMENAL.... hehehe
Waktu itu aku lupa pake nama sandi apa,, yang jelas bukan nama sandinya yang fenomenal tapi kejadiannya, aku kalau ingat-ingat itu jadi ngerasa kalau kata-kata yang aku keluarkan benar-benar kasar...  karena waktu itu jujur aku lagi suntuk, jadinya CHAT untuk menghibur diri supaya gag terlalu suntuk,, eh muncul pula orang ALAY yang Chat sama ku dengan Tulisan ALAY yang lebih parah lagi dari yang ALAY 1 dan 2 di atas, ini benar-benar ku Ceramahi nih orang panjang lebar.. benar-benar dahh merusak EYD kali bahasanya dan merusak MATA tulisannya...
Kurang lebih seperti ini isinya,,, 

MA : H1.... ( karena aku sudah berulang kali berhadapan dengan Tulisan ALAY, jadi aku hamp[ir mengerti maksud nya itu adalah HAI..).
AKU : Hai juga, balasku.. 

MA : G3 Pa3En Nichhh!!! ( yahhh disini kesabaran ku mulai di uji,, aku baca tuh pesan pelan-pelan dengan menterjemahkan satu per satu kata-katanya,, aku coba tuk bersabar lah dalam mengahadapi orang ALAY ini,, aku baru menyadari sejak kapan penulisan Angka dan Huruf bisa di gabung,, dan aku gag tau ternyata angka 3 = E, 4 = A, 5 = S,, ahhh kurang mengerti aku yang seperti itu karena waktu SD, SMP, SMA ampe Kuliah ini gag pernah di ajarkan dalam Bahasa Indonesia penulisan dan pengejaan yang seperti itu,, baru dari Orang ALAY inilah aku menemukan bacaan yang seperti itu, benar-benar Fenomenal!!... dan akhirnya aku mengerti apa maksud tulisannya ternyata bertanya aku sedang apa,, yahh emang dasar dia GEBLEKK udah jelas-jelas aku lagi Chat,, di tanya pula lagi ngapain,,HADOWHH saat itu aku benar-benar frustasi di buatnya..)
langsung ku balas Chat nya, 

AKU : “ Lagi CHAT!!.. setelah itu di balasnya lagi  masih dengan tulisan ALAY.. MA : “ OwHhh,,, Q4mU Naq M4na??? ( untuk yang kali aku benar-benar mau nangis bacanya,, GAG NGERTI!!!,, SAKIT MATA ku di buat tulisannya yang tak bermanfaat itu,, jadi ku diamkanlah dia untuk sementara,,) Karena gag di balas jadi dia kirim pesan lagi,, dan kali ini isinya benar-benar bikin aku EMOSI TINGKAT TINGGI.....

MA : “ K3N4Pa 6aK Q4Mu B4l45 Ch4T Qyu,,,, Owwhh y3aHh Kal4w L3h T4u Q4Mu N4q M4na Seichh??? L3hh N4lan G4K.... ??? N4ma Q4Mu S4Pa ??
Saat itu MOOD ku benar-benar sudah berubah,,, mata ku udah mulai kunang- kunang bacanya,, kesabarannku udah habis, pengen kali ku JITAK kepalanya kalau dia di depan ku,, aku mulai penasaran sebenarnya kawan CHAT ku ini ORANG WARAS gag sih,,,??,, LANGSUNG!!! Tanpa basa- basi ku BALAS!!!

AKU : Kau nulis apa??? ,, aku gag ngerti maksud dari  tulisan kau itu apa,,, jadi Tolong lah kalau kau belum bisa mengenali huruf dengan baik belajar lagi di rumah!!! 

Brrrrrrrr,,,, langsung aku Kaburrr,, aku keluar dari CHAT,,, hehehe,,, takut buat keributan di dunia maya,,, hmm FENOMENALL,,, luar biasa, kurang lebih isi dari Chat nya seperti itu dengan ubahan sedikit karena gag semua dari yang di tulisnya itu ku tulis disini,, dan rata-rata dari tulisan nya itu selalu bercampur dengan angka atau huruf besar +kecil,, pokoknya tulisannya itu benar-benar menyiksa mata yang membacanya, dan benar-benar gag SEMPURNA!!..

Okehh,,, karena aku bukan pakar yang ahli dalam bidang menganalisis tulisan, aku hanya melihat dari pandangan ku aja,, melihat dari kehidupan sekitar begitu banyaknya tulisan –tulisan alay yang ku temui,, dan aku hanya mengungkapkan apa yang dirasakan mata ini saat membacanya, benar-benar dehh sangat-sangat menyiksa!!!,, 

Dan sudah ku katakan di awal bahwa aku tidak melarang untuk ALAY dan aku tidak menilai ORANG nya hanya Perbuatan ALAY nya saat menulis SMS dan CHAT,, karena itu benar-benar merusak TATA BAHASA INDONESIA dan EYD kita.. apa jadinya kalau semua orang berSMS dengan tulisan Huruf besar + huruf Kecil dan di tambah lagi bercampur dengan angka-angka,,, HAHHH  udah jelas Bangsa Indonesia jadi ALAY semua dan TATANAN BAHASA kita yang indah ini akan rusak...  dan yang jelas masih banyak lagi FENOMENA ALAY di luar sana,, hanya saja yang terjadi di kehidupan ku adalah diketemukannya TULISAN ALAY ini. 

Tak ku pungkiri aku juga terjangkiti oleh virus ALAY itu,, tapi aku gag termasuk ke dalam orang yang suka mempermainkan tulisan dan merusak EYD,, dan aku bukan ALAY hanya saja Aku sedikit LEBAY,, karena LEBAY itu proses menuju KEDEWASAAN,, heheh itu kata bang DIKA... ^^...

(Tulisan ini tidak ada maksud untuk menJUDGE komunitas tertentu,, atau Mengucilkan,, hanya saja ingin memberitahukan bahwa bagi Seorang PENULIS, TULISAN adalah NYAWA,, yang dengan KATA-KATA yang tertata RAPI dan INDAH dapat membuat TULISAN itu begitu HIDUP,, dan kalau TULISAN yang dihasilkan BAIK, RAPI dan INDAH otomatis Orang yang MEMBACA nya akan senang dan mengerti  maksud dan tujuan dari penulis tersebut....!!! jadi yang namanya PENULIS bukanlah orang yang sudah menghasilkan NOVEL berpuluhan, atau orang yang sudah menulis ARTIKEL di koran sesering mungkin, tapi KITA.. yang meNULIS SMS pun adalah seorang penulis, karena kita ingin apa yang kita tulis itu membuat orang mengerti maksud dan tujuan kita... SO??? Apa yang salah!!! MENULIS lah dengan EYD dan TATA BAHASA yang BAIK, itu lebih MUDAH dan GAMPANG ketimbang Huruf Kapital + Huruf Kecil + Angka-angka yang sangat mengganggu itu.) 

...SALAM SEMANGAT...
...Mohon Maaf jika kurang berkenan...
^Y mazda HRP^
(Mujahidah_Impian^^)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar