Selasa, 21 Januari 2014

[CERITAKU] : 2008 : Hari-Hari Awal jadi mahasiswa, OSPEK. PART 1



2008 : Hari-Hari Awal jadi mahasiswa, OSPEK. PART 1

       6 tahun lalu tepatnya tahun 2008, pertama kali jadi Mahasiswa, masuk pagi pulang petang, jadi junior yang taat dan gag membangkang padahal dalam hati sudah sangat dongkol setengah mati. Hari pertama ospek, jadi hari yang paling ku ingat, sampai di kampus harus jam 5 bawa segala macam peralatan ospek yang menurut ku tidak ada yang masuk akal, malahan seperti peralatan tempur orang gila. Peralatan ospek yang disuruh oleh kakak senior yang sok kejam padahal menurut ku sikap mereka Alay, tak menunjukkan kedewasaan. Peralatan Ospek yang mereka suruh bawa adalah corong berwarna biru yang akan di jadikan Topi, gelang dengan aksesoris permen lolipop, kaos kaki bola berbeda warna, merah dan kuning, tas goni, kacamata hitam, celana panjang hitam di double dengan rok pendek hitam. Papan nama yang bertuliskan nama kita nama keren selama ospek, yahh memang kalau ospek pasti terkenal dengan alat-alat yang gag masuk akal, heleehhh. Menurut ku juga ajang ospek ini adalah APJ, sory yah bukan Ayam Penyet Jakarta tapi Ajang Pencarian Jodoh yang dilakukan oleh kakak senior yang selalu tebar pesona, padahal satu pun tak ada yang mempesona. Halahhhh. :-P. Tapi bagaimanapun ospek itu tetap berbekas di hati, banyak kejadian lucu di sana. masih teringat menjadi mahasiswa yang baru saja lulus dari SMA masih polos dan belum mengerti sebenarnya Kuliah itu bagaimana, apakah sama dengan SMA. 

        Masih jelas teringat kami di suruh mengahapalkan yel yel, karena hari terakhir ospek nanti ada pertunjukan yel yel antar jurusan, jadi yel yel nya harus kami hapal dan di nyanyikan luar kepala dengan suara yang nyaring dan yang pasti jauh dari kesan merdu. Ada 5 yel yel yag di tulis senior, salah satu andalan yel yel yang paling fenomenal, membahana badai adalah “Telor Kodok”, sewaktu senior mengatakan yel yel dengan judul telor kodok aku gag bisa nahan ketawa karena judulnya aneh, hahaha siapa yang menciptakan yel yel dengan judul seperti itu. Belum lagi ada judul yel yel nya “Kingkong Berbadan Besar”, hehehe aku sempat berpikir apakah aku salah ambil jurusan, apa ini jurusan mengenai perkembangbiakan hewan :D.

######

           Masa-masa ospek di warnai dengan bentakan, yang salah bawa lauk di marahin, di hukum karena di anggap tidak menjaga kesetiakawanan, yang makannya pakai sendok di sindir, dianggap tidak menjaga rasa kebersamaan. Mottonya yaitu kebersamaan, semua serba bersama, Minum bersama, sama-sama minum dalam satu botol maksudnya, satu botol satu mulut (yah luar biasa sekali kebersamaannya ini), makan permen bersama, satu permen untuk banyak mulut. Semua serba bersama, always together lah. Yang gag bersama Cuma ke kamar mandi dan tidur. Kalau itu pun juga harus bersama, wahhh parah banget,, lapor deh ke komnas HAM, heheheh. Selain kebersamaan ada juga yang lebih nyentrik dan malu maluin, yaitu dandan dangdut dengan mewarnai  wajah dengan lipstik, waduhh gag kebayang deh waktu itu pasti seperti badut ancol. Hihihih.

          Gag berhenti disitu, setelah selesai makan senior memberi waktu istirahat, setelah itu main games, ini games yang paling menyakitkan badan menurut ku, games ini di lakukan di outdoor, lapangan terbuka namun lantainya naik turun, tidak datar, dan di tengah tengah lapangan itu terdapat pohon beringin yang besar. Dan kami harus berbaris kebelakang membentuk barisan cacing dan kami harus mengelilingi pohon itu sampai di benar-benar senior menyuruh berhenti. Awalnya menyenangkan namun lambat laun terasa menyakitkan my buttocks. Kenapa menyakitkan? Yahh kalau mengelilingi pohon dalam keadaan berdiri gag akan menyakitkan malah akan terasa lebih menyenangkan terus, namun jika mengelilingi pohon dalam posisi duduk, serta yang menggerakkan badan untuk berpindah tempat adalah (Mohon maaf) bokong yahhh sekali keliling aja nikmatnya akan berganti menjadi bencana. Dan Alhasil kami semua mengeluh kesakitan dan lelah. Dan keesokan hari nya teman saya ada yang tidak datang ospek karena (mohon maaf) bokong dan pinggangnya nyeri. Fenomena itu menjadi bahan perbincangan dikalangan kami sendiri, bahwa kejadian mengelilingi pohon di lapangan itu membuat pinggang sakit, pegal-pegal dan sebagian bahkan ada yang mengumpat. Hehehe kalau mengingat hal itu jadi senyum sendiri. Memang waktu merasakan nya sewaktu ospek, emosi melihat para senior itu, namun sekarang jikalau mengenang maka hanyalah seulas senyum dean tertawa geli mengingat semua kejadian pada saat-saat ospek. Sewaktu ospek semuanya sama. Sama-sama terintimidasi, sama-sama tertindas, sama-sama jelek, karena sewaktu ospek tidak ada lagi yang peduli dengan penampilan, karena sudah sangat-sangat kumal sekali,. Namun semua itu kenangan yang mampu membuat saya jikalau mengingatnya jadi senyum-senyum sendiri apalagi jika melihat foto-foto kami semasa ospek, haahahahaha,, wajah pasrah dan memelas memohon belas kasih. Hihihih. Sayangnya foto-foto itu lupa saya selamatkan karena semua foto zaman dulu tersimpan dalam komputer. Dan sekarang komputer saya tak bernyawa lagi.

######

        Sebenarnya moment ospek itu tak berhenti sampai di situ, setelah ospek, para senior menunggu kami di moment ‘INAGURASI’. Yahh bagi yang tau pasti gag mau ikut, tapi bagi yang gag tau, hmmm 50:50. Saya sempat ragu juga kemarin antara ikut ataw tidak, tapi karena kakak-kakak senior sangat ‘Antusias’ dan sangat-sangat ‘Gencatan Senjata’ untuk menarik minat kami agar ikut, apalagi waktu itu saya dengar katanya akan ada Rujak Party ( wuiiihhhh, tau aje dia saya penggemar Berat Rujakkkk,, Ohh NO!), still ragu tapi saya tetap daftar untuk ikut ke acara ‘Sakral’ yang sama sekali tak berguna. (Tapi memang kaka senior pada waktu itu menepati janji mereka untuk Rujak Party). 

         Singkat cerita, udah sampai di daerah Brastagi pada malam hari, kabupaten Karo Sumatera Utara, kami di sambut dengan Udara nya yang dingin langsung menusuk tulang. Brastagi memang terkenal berhawa sejuk dan dingin, karena daerah pegunungan. Kalau di jawa mungkin sama seperti Bogor lah. 

          Hawa yang tadi nya dingin berubah menjadi panas, melebihi panas nya terik matahari ( alahhh Lebay nya daku), wajah kakak senior yang semula di Bus ramahnya minta ampun, sesampainya di TKP tiba-tiba saja muncul tanduk di kepalanya dan taring di giginya, heheh (Khayalan Tingkat Tinggi). Sikap mereka berubah dan semakin memanas, kami langsung di kumpulkan berbaris, olahraga, lompat-lompat, katanya penyesuaian suhu, jaket di lepas, sepatu dan kaos kaki di lepas, agar merasakan dinginnya malam di Brastagi. Tak boleh satu pun ada pelindung atau pemanas dalam tubuh kami, kecuali pakaian yang kami pakai, yang memamakai pakaian tipis, aduuhh kasihannya kau nak. Namun yang paling parah adalah anak cowok nya di suruh buka baju, malahan ada yang kram karena dinginnya udara malam itu. Cukuplah, ternyata ini yang dinamakan kebersamaan. ‘sama-sama menderita’.
#####

           Keesokan paginya, udara dingin ini tak memberi kami kesempatan untuk menikmati hangatnya sinar matahari, walaupun matahari sudah terbit namun udaranya makin dingin. Sedingin sikap para senior ini, hehehe (lebay, lebay,lebay deeh)... pagi ini kata kakak senior banyak aktivitas yang akan di lakukan, selain mengelompokkan menjadi beberapa kelompok, kami juga mengadakan jelajah alam dari pos ke pos, dimana setiap pos sudah di jaga oleh masing masing kakak senior. Setiap pos juga sudah di beri nama, jadi bagi kami yang memasuki pos harus siap-siap di tanya, mengapa pos 1 temanya tanggung jawab, kenapa pos 2 temanya ini dll, harus menyiapkan jawaban saat bertandang ke pos tersebut hinngga ke pos terakhir. Dan setiap kelompok wajib membuat 1 yel yel unggulan kelompok. Yahh aq masih ingat yel yel kelompok kami waktu itu dengan gerakan yang yang kalah tenar setenar goyang ‘cesar’ maybe.. hehe. Kalau gag salah lirik nya begini, dengan irama lagunya mulan jameelah, ‘makhluk Tuhan paling sexy’. Dan lenggak-lenggok yang hancur sekali, serta suara yang parau tentunya, jauh dari kesan ‘bagus’ apalagi ‘lumayan’. 

Mata mu sexy, itu terbukti dari caramu memandang kami
Otak mu sexy itu terbukti dari cara mu menyiksa kami
Kami seperti adaaaa, didalam penjaraa,, ospeeeek mu......
Kamulah makhluk Tuhan, yang tercipta yang paling sexy (beeeegghhh)
Cuma kamu yang bisa membuat kami  terus menjerit..(halaaaah)
Ohh ohh ohh auoauoauoauoauo2x.

Alhasil senior yang dengar yel yel kami ketawa, bukan karena liriknya lucu tapi goyangannnya dan suara dua yang bilang ‘ohh ohh ohh auoauoauoauo’, mirip suara srigala kejepit kata mereka. Haha #ketawaagakdipaksakan, gag tau dia sUARA kami mahal, walaupun parau yg penting bisa bernyanyi. #Plaaaaakkkkk. :P. 
                                ######The end######


Tidak ada komentar:

Posting Komentar